Selasa, 17 Mei 2016

CARA MUDAH MEMPERKECIL UKURAN FILE PDF HASIL SCAN

untuk berbagai keperluan, terkadang kita harus melakukan scanning terhadap dokumen yang kita butuhkan. dan hasil scanning ada yang berupa file JPG dan ada pula yang langsung berupa file PDF.

File hasil scan biasanya berukuran besar (mb), tetapi jika kita membutuhkan yang berukuran kecil (kb), maka kita harus memperkecil ukuran file hasil scan tersebut.

Untuk memperkecil file hasil scan yang berupa JPG bisa dilihat caranya di http://dakahamdaka.blogspot.co.id/2014/10/cara-memperkecil-ukuran-file-jpeg-hasil.html

Dan yang akan saya bahas berikut adalah, cara memperkecil ukuran file hasil scan yang berupa PDF, yaitu dengan menggunakan aplikasi ORPALIS PDF Reducer Free.

ORPALIS PDF Reducer Free adalah software gratis yang  bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file PDF di  Windows. Aplikasi ini bisa didownload dan digunakan  secara bebas tanpa biaya dan bisa menjadi alternatif bagi  anda yang membutuhkan aplikasi untuk kompres file PDF  dengan cepat dan mudah.

Aplikasi tersebut sudah saya praktekkan, dengan hasil sebagai berikut:
~ ukuran file sebelum diperkecil = 6.765 kb
~ ukuran file sesudah diperkecil dengan menggunakan ORPALIS PDF Reducer Free = 288 kb
...mantap kan?.



Ok, langsung saja berikut caranya:


  • Install aplikasinya di PC anda.
  • Jalankan aplikasinya, tunggu 7 detik kemudian klik  “OK“  
  • Saat pertama kali menjalankan buka Options – Tab  General kemudian dibagian Input Mode pilih Files  selection lalu Apply  
  • Cari file PDF yang ingin dikompres dengan cara klik  pada Source. Kemudian pada Destination tentukan  dimana anda akan menyimpan file yang dihasilkan  nantinya.  
  • Terakhir, untuk mulai proses kompres, klik pada tombol  “Start Batch” dan tunggu sampai selesai.
Sangat mudah bukan?
apalagi aplikasi ini bisa dijalankan secara offline, tetapi hasilnya mempunyai kualitas yang baik, hampir sama dengan aslinya tetapi ukuran file nya jauh lebih kecil

3 komentar:

  1. sangat membantu... makasih kang Daka... izin share aq bagiin ke Group Ops kec. Karangampel

    BalasHapus
  2. Play Free Slots - DrMCD
    Play online slots for 용인 출장안마 fun without risking your own money. No deposit 인천광역 출장안마 required, 시흥 출장마사지 just sign 목포 출장샵 up and start playing now! Find the best free casino slots 익산 출장샵 here!

    BalasHapus