Jumat, 16 Maret 2018

Cara aman dalam menggunakan ATM

Agar terhindar dari alat skimming yang terpasang di mesin ATM, Anda harus memperhatikan beberapa hal. 
Pertama, perlakukan PIN dengan hati-hati. Meski tidak ada orang lain saat Anda berada di depan mesin ATM, Anda tetap harus berhati-hati saat bertransaksi. Selalu tutup dengan tangan ketika Anda menekan PIN. Selain itu, ganti PIN ATM secara berkala. Tujuannya, agar PIN yang telah terlacak dengan alat skimming tidak bisa lagi digunakan.
Kedua, cek saldo secara teratur. Agar lebih mudah, aktifkan notifikasi transaksi melalui SMS dan email, tujuannya agar Anda cepat mengetahui ketika terjadi transaksi yang ganjil. Anda bisa segera melakukan pelaporan ke bank agar bank dapat mengurusnya.
Ketiga, Anda harus memeriksa kondisi ATM sebelum mulai transaksi. Misalnya saja, pada bagian lubang tempat memasukkan kartu ATM. Lihatlah apakah ada lampu yang menyala. Apabila lampu tidak menyala, bisa jadi ada alat skimming yang terpasang. Atau, jika bagian lubang tersebut terlihat pecah-pecah, waspadalah. Karena saat memasang alat skimming, perlu membongkar beberapa bagian mesin ATM. Waspadai juga benda-benda yang ada di sekitar ATM, misalnya kotak brosur, yang mungkin saja menjadi tempat untuk menyimpan kamera tersembunyi.
Keempat, ketika memasukkan kartu ATM ke lubang, Anda bisa menggoyangkanya. Mengapa? Karena alat skimming akan membaca data dalam satu gerakan. Maka, jika kartu ATM bergoyang, alat tersebut akan kesulitan membaca data.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus